Jumat, 02 Mei 2014

Karangan Populer

BANJIR

Saat ini di daerah – daerah bahkan ibu kota Jakarta di landa banjir. Banjir seakan – akan sudah menjadi teman akrab mereka. Entah mengapa masalah ini tak pernah selesai, sejak dahulu hingga saat ini. Banyak faktor penyebab bencana banjir ini, antara lain sampah yang tidak di kelola dengan baik, lingkungan yang tidak memperhatikan kebersihan, pembangunan banjir kanal timur yang tak kunjung selesai.
Diantara Faktor yang dominant adalah rendahnya kesadaran masyarakat tentang membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan. Lihatlah di Negara – Negara seperti Singapura , Malaysia, dan hongkong mereka sangat memperhatikan akan hal itu. Bahkan ada suatu Negara yang menerapkan denda untuk warganya yang membuang sampah sembarangan.
Lalu bandingkan dengan Negara kita, sangat jauh berbeda. Hal ini terjadi karena peraturan yang dibuat tidak cukup kuat dan menyadarkan masyarakat kita. Disamping itu kegiatan lingkungan pun sudah jarang dilakukan karena kesibukan bekerja. Kita lebih sibuk dengan urusan ekonomi di bandingkan dengan lingkungan. Bila musim hujan tiba barulah kita sadar bahwa ancaman banjir segera datang dan barulah kita sibuk dan lebih parah lagi tak ada usaha perbaikan.
Untuk itulah, mari dari saat ini kita tanamkan pada diri kita masing-masing kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. Mulai dari lngkungan keluarga, karena inilah gambaran kecil lingkungan social kita. Apabila tiap keluarga sudah terbiasa menjaga kebersihan maka akan tercipta lingkungan yang bersih, apabila lingkungan bersih maka tidak mustahil akan tercipta Negara yang bersih. Semoga kita semua menyadari akan hal ini dan mampu mewujudkannya dalam realita kehidupan sosial kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar