Senin, 27 Oktober 2014

Jaringan Nirkabel Internet

Media ini biasa disebut wireless atau jaringan nirkabel, dimana sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi paket data adalah gelombang radio. Wireless merupakan perangkat jaringan yang fleksibel, baik dari perawatan, kerapian, maupun instalasi. Wireless merupakan sebuah teknologi jaringan yang semakin meluas dan banyak diminati oleh pengguna jaringan, seperti pada lembaga ataupun instansi dan bahkan di rumahan. Hal ini dikarenakan pada jaringan wireless tidak membutuhkan kabel untuk melakukan sebuah koneksi atau menghubungkan antar komputer, proses instalasi jaringanpun cukup mudah, dan tentusaja praktis. Pada jaringan wireless dibutuhkan perangkat-perangkat wireless untuk melakukan sebuah koneksi, sehingga komunikasi antar komputer dapat saling terhubung tanpa menggunakan kabel.
Standar Jaringan Wireless
Teknologi tanpa kabel (wireless) memiliki standar jaringan sendiri yang ditetapkan oleh Institude of Electrical Engineers (IEEE). Secara umum standar ini terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:
  • Standar IEEE 802.11, merupakan standar dengan frekuensi 5 Ghz dengan kecepatan 54Mbps. Keuntungan dari standar ini adalah kapasitas yang mencapai 12 chanel dan mendukung aplikasi yang membutuhkan performa tinggi. Standar ini juga kompatibel dengan standar 802.11b/g.
  • Standar IEEE 802.11b, merupakan standar dengan frekuensi 2.4 Ghz dengan kecepatan 11 Mbps.
  • Standar IEEE 802.11g, merupakan standar dengan frekuensi 2.4 Ghz dengan kecepatan 54 Mbps.
Perangkat Jaringan Wireless
Peranglat jaringan wireless sangat bervariasi, tergantung kebutuhan dan kegunaan jaringan tersebut. Berikut beberapa perangkat yang harus diketahui untuk membangun jaringan wireless.
  • Wirelees Access Point
    Wireless Access Point merupakan alat terpenting untuk meghubungkan jaringan wireless maupun jaringan hotspot, perangkat ini berfungsi untuk mengirim atau menerima data berasal dari adapter wireless. Access Point melakukan konversi sinyal frekuensi radio menjadi sinyal digital ataupun sebaliknya. Pada dasarnya Access Point merupakan hub untuk wireless dan bridge untuk jaringan LAN UTP. Biasanya pada Access Point terdpat beberapa port untuk konektor RJ-45.

    Wireless Access Point
  • Wireless Adapter
    Wireles adapter digunakan untuk menangkap sinyal dan digunakan oleh komputer client (pengguna). Wireless adapter yang digunakan pada PC (Personal Computer) dan laptop atau notebook berbeda. Jika pada PC wireless adapter berbentuk slot PCI dan diletakkan pada CPU secara permanen, maka pada laptop atau notebook berbentuk USB yang dapat digunakan tanpa kabel tanpa dipengaruhi oleh lokasi, selama masih dalam jangkauan Access Point. Namun perangkat ini dapat digunakan apabila terdapat perangkat Wi-Fi adapter, jika tidak, maka perangkat yang dapat digunakan adalah slot PCMCIA yang dapat dipasang pada laptop atau notebook.
    Wireless PCMCIA Adapter
    Wireless PCI Adapter
    Wireless USB Adapter
  • Antena Eksternal
    Perangkat ini digunakan untuk menambah jangkauan pancaran sinyal wireless, biasanya diletakkan pada luar ruangan. Hal ini dilakukan, agar pancaran sinyal dapat mencapai jarak yang lebih jauh. Jarak yang dapat dicapai oleh antena eksternal mencapai 5-10 Km. Peletakkan antena eksternal juga tidak boleh terlalu jauh dengan wireless, karena dapat membuat sinyal wireless hilang.
    Antena Eksternal
Aplikasi Jaringan Nirkabel Internet
Beberapa contoh aplikasi yang dihasilkan dari adanya jaringan nirkabel internet, yaitu:
  • Bluetooth
    Aplikasi ini sudah ada sejak beberapa tahun belakangan. Bluetooth memungkinkan pengguna dapat mentransfer file dengan mudah hanya dengan sekali tekan, tetapi jarak antar perangkat tidak boleh terlalu jauh, karena dapat menyebabkan sinyal radio tidak terjangkau.
  • Cellular Phone (Handphone)
    Ponsel Genggam
    Handphone atau telepon genggam yang kita gunakan saat ini, dilahirkan dari adanya jaringan nirkabel. Ponsel memungkinkan pengguna berkomunikasi dimanapun dan kapanpun tanpa perlu repot membawa kabel. Sinyal radio yang digunakan dikirim langsung ke ponsel pengguna.
  • Wi-Fi
    Wi-Fi memungkinkan pengguna gadget yang dilengkapi dengan perangkat wireless untuk terhubung dengan internet. Wi-Fi biasanya ditemukan pada tempat-tempat yang menyediakan layanan tersebut atau yang sering disebut HotSpot. Bahkan saat ini penggunaan Wi-Fi bukan hanya pada tempat-tempat publik, di rumahanpun Wi-Fi sudah banyak digunakan.
  • Sinyal Handphone (Layanan Data)
    Untuk pengguna smarphone pasti sudah mengerti betul dengan sinyal-sinyal yang dihasilakan oleh provider. Dimulai dari CDMA, GSM, dan 3G, untuk sinyal 3G sendiri terdapat sinyal W-CDMA, EDGE, dan CDMA. Sinyal-sinyal tersebut memiliki kecepatan akses internet yang berbeda-beda. Dimulai dari 10-15 mil dari situl sel terdekat.
  • Perangkat Komputer Antarmuka
    Komputer atau laptop saat ini sudah dilengkapi dengan web camera yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi dengan menampilkan wajah lawan bicara dengan tambahan sinyal wireless yang tersedia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna dapat saling bertatap langsung tanpa perlu bertemu dan repot menyiapkan banyak kabel.
Sumber :
http://ulfalfianita.blogspot.com/2014/01/jaringan-nirkabel-internet-wireless.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar